Minggu, 25 Desember 2011

Waspada dengan virus trojan media player

Sebuah virus lokal yang di indikasi sebagai virus  trojan mobile di Rusia telah menunjukkan kepada kita sesuatu yang baru yaitu sistem operasi Android mungkin perlu sebuah antivirus.pada hari  Selasa lalu, beberapa perusahaan keamanan mobile yang menganalisa virus kuda Trojan yang muncul di ponsel yang menggunakan Os. Android di Rusia .
Perangkat lunak berbahaya, yang ditemukan oleh Kaspersky Lab (sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus) mengatakan untuk virus ini mengambil keuntungan dari ponsel Android setelah pengguna menginstal sebuah aplikasi, setelah file menginstal Trojan horse maka akan menjadi  "media player yang berbahaya." Virus ini mulai mengirim pesan teks ke nomor tarif telepon premium "tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari pemilik handphone,
Malware yang dideteksi oleh perusahaan keamanan Kaspersky, yang dikonfirmasi file virus ini bernama
"Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer.a" dan di-download sebagai aplikasi khas Android. APK. Perusahaan Kaspersky menyatakan ini adalah virus trojan Android-spesifik pertama kali dikenal.
Malware ini bekerja dengan menyamar sebagai aplikasi media player. Setelah aplikasi diinstal pada perangkat mobile, trojan mulai mengirim pesan SMS ke nomor premium tanpa sepengetahuan pemilik perangkat.
Para ahli keamanan juga mencatat bahwa aplikasi yang terinfeksi ini tidak tersedia di Marketplace Android, toko yang digunakan untuk mendownload aplikasi untuk platform Android. Pemilik ponsel secara eksplisit harus mengubah setelan di ponsel mereka untuk mengizinkan instalasi aplikasi non-Marketplace.
Jenis virus ini berbasis SMS malware saat ini adalah salah satu bentuk yang paling umum dari virus mobile. trojan SMS telah ada selama bertahun-tahun di ponsel, bahkan mendahului smartphone. Virus SMS ponsel pertama muncul pada tahun 2004, dan malware Android pertama-pernah (insiden terisolasi dari spyware) muncul di Lab 2009. Perusahaan Kaspersky saat ini bekerja pada teknologi antivirus Android dan perusahaan juga berencana untuk melepaskan Kaspersky Mobile Security untuk Android awal tahun depan. aplikasi antivirus lain telah tersedia di Android market.
Di masa lalu, aplikasi seperti dianggap tidak perlu, namun, karena platform ini terus mengalami pertumbuhan yang meroket, bahkan mengalahkan iPhone pada semester pertama tahun ini, para cyber crime akan lebih tertarik dengan uang-membuat kemampuan virus Android. Pengguna Android berharap bahwa Google dan perangkat operator serta produsen akan berpikir tentang keamanan dan pilihan antivirus saat merencanakan aplikasi on-board untuk update OS.Android di masa depan.
Virus trojan "media player" itu menyebabkan keprihatinan saat ini untungnya tidak tersedia di market Android. Sebaliknya, itu adalah "sedang didistribusikan dari sebuah situs web berbahaya," menurut peneliti Kaspersky Denis Maslennikov. "Anda harus klik secara manual, tidak ada drive-by download. Jika Anda mencoba untuk menginstalnya, smartphone akan meminta Anda untuk memberikan izin untuk aplikasi untuk mengirim pesan SMS, membaca atau menghapus data dari SD dan mengumpulkan data tentang ID telepon dan melakukan panggilan telepon
Perangkat keras atau perangkat lunak yang mengakses aplikasi. Daftar ini tersedia untuk setiap aplikasi Android Market dan non-pasar. Jika aplikasi perlu membuat SMS premium-rate atau panggilan telepon, Anda mungkin ingin untuk berpikir dua kali sebelum men-download dan memasangnya.
Jay Nancarrow, juru bicara Google, mengatakan bahwa aplikasi Android harus mendapat izin dari pengguna sebelum melakukan hal-hal seperti mengirim pesan teks atau membuat panggilan telepon. "Kami secara konsisten menganjurkan pengguna untuk hanya menginstal aplikasi yang mereka percaya," kata Mr Nancarrow dalam sebuah pernyataan."Secara khusus, pengguna harus berhati-hati ketika menginstal aplikasi di luar Android Market."
Jon Oberheide mengatakan ia mendapat salinan virus trojan ini serta membedah kodenya. Pada blog pribadinya, Oberheide menulis bahwa malware ini "tampaknya buru-buru dibangun, contoh program HelloWorld didistribusikan di SDK Android." Ketika pengguna pertama kali mencoba untuk menjalankan aplikasi, ia akan diberitahu untuk menunggu media player untuk menemukan perpustakaan video. Selama waktu ini, perangkat akan mengirimkan sejumlah nomor ke shortcode SMS tiga kali. Setelah tiga pesan akan dikirim, program tidak akan berjalan lagi.
Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan :
1) Downloadlah  aplikasi dari sumber terpercaya dan cek review serta peringkat, dan informasi pengembang sebelum men-download apa pun (telitilah aplikasi yang akan anda pasang pada smartphone anda)
2) Perhatikan mengenai aplikasi perizinan. Sebuah aplikasi tidak harus meminta untuk melakukan lebih dari apa yang ditawarkan dalam daftar resmi fitur.
3) Jadilah waspada untuk biaya yang tidak biasa di tagihan telepon karena hal ini dapat menjadi tanda ponsel Anda telah terinfeksi.
4) Memasang aplikasi keamanan terpercaya untuk melindungi telepon Anda,sebaiknya menginstal aplikasi antivirus terpercaya yang ada di market

0 komentar:

Posting Komentar